Resep Perkedel Oncom Enak dan Mudah Dibuat

Resep Perkedel Oncom Enak dan Mudah Dibuat

Khususnya di daerah Jawa Barat, mungkin Anda sudah sering sekali mengolah oncom menjadi aneka menu lauk di rumah. Ya, ada banyak sekali olahan resep makanan yang dapat dibuat dari bahan satu ini, seperti perkedel oncom.

Apakah Anda tertarik untuk membuat menu perkedel tersebut? Bagi yang memang tertarik untuk membuat olahan perkedel oncom, maka tidak ada salahnya untuk mencobanya. Silakan untuk ikuti resepnya berikut ini.

Cara Membuat Perkedel Dari Oncom yang Lezat

Jika biasanya perkedel dibuat dari kentang, maka tak ada salahnya berinovasi untuk membuat perkedel dari bahan lain, seperti oncom misalnya. Ya, bukan hal mustahil membuat perkedel yang lezat dengan resep dan cara berikut ini.

Bahan Bumbu Halus

  1. Bawang merah 2 siung
  2. Bawah putih 1 siung
  3. Siapkan juga cabe rawit sesuai selera. Jika suka pedas maka bisa ditambahkan
  4. Haluskan semua bumbu di atas

Bahan Perkedel

  1. Oncom 2 papan hancurkan secara kasar
  2. Daun bawang 1 tangkai lalu iris
  3. Tepung terigu 5 sendok makan
  4. Telur ayam 1 butir
  5. Garam secukupnya
  6. Gula secukupnya
  7. Dan kaldu ayam atau sapi sesuai selera secukupnya

Cara Membuat

  1. Setelah semua bahan bumbu dan perkedelnya sudah Anda siapkan, maka bisa langsung saja ikuti langkah mudah membuatnya berikut.
  2. Pertama silakan untuk mencampur oncom dengan tepung, bumbu halus, daun bawang, dan telur. Aduk hingga merata
  3. Silakan untuk tambahkan gula, garam, kaldu secukupnya. Aduk lagi dan koreksi rasa
  4. Panaskan minyak dalam penggorengan, lalu ambil adonan sesuai selera atau satu sendok makan saja, masukkan adonan dalam minyak yang sudah panas
  5. Goreng adonan perkedelnya sampai matang dengan menggunakan minyak
  6. Selesai

Perkedel oncomnya sudah siap untuk dihidangkan. Perkedel ini akan sangat nikmat jika disajikan masih dalam keadaan panas atau hangat. Selain cocok untuk lauk, perkedel ini juga cocok sebagai cemilan diwaktu santai.

Untuk cemilan, Anda dapat menyajikannya dengan teh hangat dan bagi yang suka pedas bisa memakannya dengan cabai atau sambal. Menu perkedel ini dijamin enak dan bisa membuat Anda ketagihan.

Manfaat Dari Oncom

Tentunya tak sekadar enak dijadikan berbagai aneka olahan makanan, makanan juga memiliki banyak sekali manfaat, terutama untuk kesehatan pencernaan. Ya, seperti yang sudah diketahui semua orang, bahan makanan satu ini merupakan makanan yang terbuat dari proses fermentasi.

Dalam makanan fermentasi seperti oncom ini memiliki prebiotik atau banyak terkandung bakteri baik. Prebiotik bermanfaat untuk menjaga saluran pencernaan dengan mengembalikan keseimbangan bakteri di usus, sehingga dapat mengurangi resiko sembelit, diare, perut kembung, dan berbagai penyakit saluran pencernaan lainnya.

Dengan memiliki berbagai manfaat maka tak ada salahnya untuk mengkonsumsi oncom. Silakan buat berbagai resep lainnya selain perkedel, seperti tumis oncom, nasi tutup oncom, dan sebagainya.