Pentingnya Konsumsi Susu untuk Anak Usia 4 Tahun

Pentingnya Konsumsi Susu untuk Anak Usia 4 Tahun

Susu merupakan sumber protein hewani berupa cairan dengan rasa gurih. Alasan inilah yang membuat anak jarang minum susu. Padahal ada sejuta manfaat dalam kandungan satu gelas susu. Sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak balita. Berikut ini alasan pentingnya anak usia 4 tahun konsumsi susu.

1. Membantu Menguatkan Tulang dan Gigi

Nutrisi kalsium dalam susu sangat berperan untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Membentuk tulang-tulang tetap kompak dan sendi mudah digerakkan. Seiring bertambahnya umur anak, konsumsi susu juga membantu mengurangi resiko osteoporosis. Bersama dengan bantuan vitamin D, kalsium membentuk tulang lebih solid dan kuat.

2. Menunjang Kecerdasan Anak

Memberikan susu secara rutin dapat mendukung pertumbuhan anak dalam segi kecerdasannya. Adanya kandungan AA, DHA, Sphingomyelin, omega 3 dan kandungan pendukung kinerja otak lainnya sebagai nutrisi utama otak. Namun nutrisi hanya sebagai pendukung, peran utamanya tetap latihan dan selalu diberikan stimulasi.

3. Menyehatkan Tubuh dan Kulit

Bagi anak yang tidak alergi susu, lebih baik dikonsumsi karena mengandung asam laktat. Berperan sebagai exfoliator dan juga enzim yang membuat kulit menjadi lembap dan halus. Selain itu juga mengandung asam amino untuk perbaikan sel-sel tubuh.

4. Menaikkan Sistem Imun Tubuh

Susu juga menyehatkan sistem pencernaan dengan bantuan prebiotik. Salah satu zat yang tidak dapat dicerna oleh usus sehingga membantu meningkatkan pertumbuhan mikroorganisme baik. Ketika jumlah dari mikroorganisme baik telah memenuhi, maka tugas prebiotik adalah menyehatkan usus. Sistem pencernaan anak sehat, maka sistem imun menjadi kuat.

5. Sumber Energi

Semakin aktif bergerak maka semakin banyak energi yang harus dikeluarkan. Sehingga asupan energi anak juga harus semakin bertambah. Jangan berikan makan berat dalam porsi banyak atau dalam frekuensi tinggi. Hal ini dapat menyebabkan obesitas pada anak dan memicu penyakit lain. Berikan susu untuk mencukupi kebutuhan energi pada anak.

6. Memenuhi Kebutuhan Cairan

Dehidrasi pada anak usia aktif dapat dihindari dengan minum susu. Jadwal minum susu tetap harus terjaga karena mengandung kalori dalam tubuh. Jika dikonsumsi sering, maka dapat mengganggu jam makan pada anak. Seharinya anak disarankan untuk meminum sebanyak 250-500 ml atau setara dua gelas.

7. Mencegah Anemia

Selain makanan berupa daging, hati, ikan, telur, susu juga mengandung zat besi. Berikan secara rutin dan sudah sesuai menurut kesehatan anak. Hal ini karena anak jarang suka konsumsi sayuran hijau, sehingga dapat memicu kurangnya zat besi untuk pembentukan sumsum tulang yang memproduksi sel darah merah.

Demikian berbagai alasan penting anak harus meminum susu. Cara paling tepat melengkapi nutrisi pertumbuhan dengan konsumsi susu dengan rasa favorit anak. Sehingga anak tidak akan bosan atau eneg jika harus meminumnya secara rutin. Lactogrow 4 madu pas untuk anak usia 4 tahun serta lengkap dengan rasa selain madu.