Ketahui Tekstur Makanan Bayi 6 Bulan dan Olahan Lezat untuk Tumbuh Kembangnya

Ketahui Tekstur Makanan Bayi 6 Bulan dan Olahan Lezat untuk Tumbuh Kembangnya

Untuk bayi yang sudah menginjak usia 6 bulan, maka ASI sudah bisa digantikan dengan MPASI atau makanan pengganti ASI. Nah, karena pada usia ini bayi baru pertama kali makan makanan selain ASI, oleh sebab itu tekstur makanan bayi 6 bulan haruslah lembut dan mudah dicerna oleh bayi. Ingin tahu olahan apa saja yang cocok untuk bayi 6 bulan? Simak pembahasannya berikut ini.

1. Kentang yang Dihaluskan

Makanan yang cocok untuk diberikan kepada bayi yang berusia 6 bulan yang baru pertama kali memakan MPASI adalah kentang yang sudah dihaluskan. Kentang memiliki rasa yang gurih dan bisa diperkenalkan kepada bayi. Rebus kentang terlebih dahulu hingga lunak, Anda bisa menambahkan susu ke dalamnya untuk diberikan kepada bayi.

2. Bubur Pisang

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan pisang sebagai salah satu makanan yang bisa diberikan kepada bayi berusia 6 bulan. Pisang dapat disajikan dalam bentuk bubur sehingga bisa dimakan oleh bayi dengan mudah. Selain karena rasanya yang manis, pisang juga memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh, misalnya vitamin A, serat, dan mineral.

3. Alpukat yang Dihaluskan

Selain pisang, buah alpukat juga bisa dijadikan alternatif olahan makanan untuk bayi yang berusia 6 bulan. Hal ini dikarenakan teksturnya yang lembut dan lunak serta memiliki banyak sekali kandungan vitamin, seperti vitamin A, vitamin C, dan lain sebagainya. Dengan adanya berbagai kandungan tersebut maka akan meningkatkan daya tahan tubuh dan kemampuan motorik bayi.

4. Buah Pepaya yang Lunak

Tekstur makanan bayi 6 bulan haruslah yang lunak dan lembut sehingga mudah dicerna oleh bayi. Nah, pepaya juga memiliki tekstur yang lunak sehingga bisa dimakan oleh bayi asalkan dihaluskan terlebih dahulu. Pepaya juga memiliki kandungan yang menyehatkan dan bisa melancarkan proses pencernaan bayi dan menjaga tumbuh kembang bayi.

5. Labu Kuning

Salah satu makanan yang dapat diberikan kepada bayi berusia 6 bulan adalah labu kuning. Sayuran dengan kandungan serat yang tinggi ini memiliki tekstur yang lembut dan lunak sehingga cocok digunakan sebagai MPASI untuk mengawali tahapan makan bayi. Rasanya yang manis juga akan membuat bayi suka untuk memakannya.

Selain itu, labu kuning juga memiliki kandungan gizi yang lumayan lengkap, mulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin B3, vitamin K, beta karoten, hingga niacin. Tak hanya itu saja, labu kuning juga memiliki banyak kandungan mineral untuk tubuh. Hal inilah yang menyebabkan labu kuning banyak digunakan untuk MPASI pada bayi yang berusia 6 bulan.

Nah, itulah dia pembahasan singkat mengenai makanan apa saja yang cocok dan sesuai dengan tekstur makanan bayi 6 bulan. Beberapa makanan tersebut dapat diberikan kepada bayi dengan porsi dan frekuensi makan yang telah disesuaikan. Untuk frekuensi makannya, biasanya diberikan dua hingga tiga kali sehari.