Ketahui Fakta Seputar Penyakit Leukimia

Ketahui Fakta Seputar Penyakit Leukimia

Di dunia ini ada banyak sekali penyakit terkait dengan darah. Salah satu yang bisa menyerang siapa saja baik anak-anak sampai orang dewasa adalah leukimia. Singkatnya ini merupakan kanker darah dimana menyerang sel darah putih. Sel darah putih ini harusnya mampu melawan benda asing pada kondisi normal. Tetapi, pada penyakit ini menyebabkan sejumlah gejala.

Gejala yang diakibatkan oleh penyakit ini antara lain, rasa lemas, muntah, menggigil, hingga berkeringat berlebih. Kondisi tersebut sering muncul di malam hari. Leukimia termasuk penyakit yang harus diwaspadai sebab membutuhkan pengobatan serta perawatan yang serius serta membutuhkan waktu cukup lama.

Fakta Kanker Darah Atau Leukimia

Meskipun bukan penyakit pembunuh tingkat teratas dengan rata-rata kasus hanya 150 ribu per tahun, nyatanya leukimia tetap harus diwaspadai. Jika mengidapnya, maka proses penyembuhan harus segera dilakukan secara rutin. Ada sejumlah hal penting yang harus Anda ketahui tentang kanker darah seperti berikut ini.

1. Gejala Muncul Dalam Waktu Lama

Sebelum mengalami gejala kanker darah ini tidak akan langsung muncul atau dirasakan penderita. Pada awal mula dimana sel darah putih yang rendah akan membuat tubuh kesulitan melawan infeksi. Oleh sebab itu, akan muncul beberapa tanda umum, seperti demam hingga bengkak kelenjar. Berikutnya, kadar trombosit rendah bisa menyebabkan pendarahan dan memar.

2. Lakukan Tes Darah dan Sumsum Tulang Belakang

Banyak orang mengira sering mimisan jadi indikasi leukimia, padahal hal tersebut tidak semudah itu untuk didiagnosis. Dibutuhkan tes darah dan sumsum tulang belakang. Setelah itu, akan dianalisa kembali jenis leukimia apa yang diderita. Hal ini karena ada beberapa jenisnya sehingga dapat ditangani secara tepat dan cepat.

3. Terdapat Beberapa Varian

Terdapat setidaknya empat jenis leukemia yang ada. itu adalah ALL atau Limfoblastik Akut, AML atau Myeloid Akut, CLL atau Limfositik Kronis, dan SML atau Myeloid Kronis. Jenis akut biasanya akan menyerang tubuh dan sebabkan gejala secara cepat. Sementara itu, kronis cenderung lebih lambat. Semuanya dapat menyerang anak-anak sampai orang dewasa.

4. Menentukan Stadium untuk Penanganan

Setelah melakukan tes darah dan sumsum tulang belakang, maka selanjutnya dokter akan memeriksa sel tersebut menggunakan mikroskop dan alat lainnya secara mendetail. Kemudian akan diketahui stadium atau tingkatannya. Dalam hal ini, penderita akan diberikan treatment secara cepat dengan terus menjaga kesehatan supaya kondisinya tetap stabil.

5. Melakukan Kemoterapi

Penderita leukimia harus rajin melakukan kemoterapi. Ini adalah bentuk perawatan utama untuk dapat segera pulih meskipun membutuhkan waktu. Terdapat efek dari kemoterapi seperti rambut rontok dan rasa kelelahan yang berat. Jenis kemo juga dilihat dari sejauh mana kanker tersebut menjangkit tubuh.

Itulah informasi tentang fakta-fakta leukimia. Penyakit kanker darah ini bisa menyerang siapa saja. Dengan begitu, jika sudah merasakan sejumlah gejala dapat langsung memeriksakan diri untuk didiagnosis secara medis sehingga dapat ditangani secara tepat.