Ini Waktu Terbaik Minum Kopi Hitam Tanpa Gula

Ini Waktu Terbaik Minum Kopi Hitam Tanpa Gula

Selama ini, konsumsi kopi hitam tanpa gula identik diminum saat pagi hari. Banyak yang menyebut jika aktivitas yang membutuhkan konsentrasi tinggi akan menjadi optimal jika mendapat suntikan kafein sebelum melakukannya.

Meskipun mayoritas pengkonsumsi menyebut hal demikian, tapi nyatanya minum kopi saat pagi hari justru kurang bagus untuk sistem metabolisme tubuh.

Lantas kapan waktu terbaik untuk konsumsi minum kopi hitam? Bagi yang penasaran dan ingin tahu lebih jauh, kalian bisa cek artikel ini sampai tuntas :

1. Morning coffee dapat mengganggu toleransi tubuh pada kafein

Kopi hitam ada baiknya dikonsumsi ketika produksi hormon kortisol dalam tubuh berada dalam jumlah terendahnya.

Padahal saat pagi hari, hormon tersebut diproduksi tubuh dengan maksimal. Tak heran jika kopi hitam tidak disarankan dikonsumsi pada pagi hari.

Hormon kortisol yang disebut sebagai hormon stres juga punya peran untuk meningkatkan kewaspadaan dalam tubuh.

Fungsi lain yang dibutuhkan adalah membantu mengubah cadangan energi jadi glukosa sehingga membuat tubuh mudah melakukan pembakaran.

2. Pertengahan pagi (09.30 -11.30)

Secara umum, hormon kortisol mencapai puncak terbagi menjadi tiga waktu, yaitu sekitar pukul 8.00 pagi hingga 9.00 pagi. Selain itu juga pukul 12.00 hingga 13.00. Terakhir pukul 18.00 hingga 19.00.

Melihat dari waktunya, setelah bangun tidur tidak disarankan konsumsi kopi hitam. Pukul pukul 09.30 hingga 11.30 adalah waktu terbaik dimana kadar kortisol tubuh sudah mulai menurun.

Pada jam inilah, biasanya kafein bekerja maksimal dengan membangkitkan rasa kewaspadaan yang lebih kendor. Untuk pengganti kafein selain dari kopi, kamu bisa menggantinya dengan teh.

3. Sebelum olahraga

Banyak yang menyebut jika minum kopi hitam tanpa gula sebelum olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh.  Bahkan efek kopi hitam membuat tubuh mudah mengangkat beban dan pastinya membuat tubuh menjadi mudah berlari cepat saat olahraga.

Ia juga menjadi bukti studi yang menunjukkan jika pengaruh kopi untuk peningkatan performa dan energi juga ada dan kamu bisa memanfaatkannya dengan konsumsi kopi hitam.

Pasalnya kopi hitam mudah diserap aliran darah. Studi juga menyebutkan jika minum kopi bisa meningkatkan metabolisme hingga 3-11 untuk membakar lemak.

4. Jangan konsumsi kopi di malam hari

Efek kafein pada tubuh ternyata bisa bertahan sampai 6 jam. Oleh karena itu disarankan berhenti mengkonsumsi kopi pada sore hari supaya kualitas tidur tidak terganggu sama sekali.

Banyak yang merekomendasikan jika waktu terakhir untuk minum kopi hitam adalah jam 2 siang. Namun kebiasaan ini bisa disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing orang.

Minum kopi hitam tanpa gula punya banyak manfaat. Tapi tetap saja perlu diperhatikan waktu terbaik untuk mengkonsumsi kopi hitam supaya manfaatnya benar-benar optimal.