Cara Menambah Berat Badan Anak agar Lebih Sehat

Cara Menambah Berat Badan Anak agar Lebih SehatMasa pertumbuhan anak merupakan hal yang harus diperhatikan dan dipantau oleh orang tua agar anak dapat berkembang lebih baik, maka dari itu orang tua harus berperan penting dalam membantu dan menjaga nutrisi makanan yang dikonsumsi oleh anak.

Salah satunya adalah berat badan anak menjadi perhatian bagi setiap orang tua agar anak tetap sehat dengan berat badan yang seimbang sehingga pertumbuhan dan perkembangan anak dapat berkembang lebih baik serta kesehatan tetap terjaga, tetapi ingat jangan sampai berat badan anak diatas normal atau diatas rata-rata.

Jika masih bingung bagaimana cara untuk menambah berat badan pada anak, berikut inilah tips menambah berat badan anak:

  1. Konsumsi Makanan Kalori Tinggi

Pada umumnya, anak balita yang berusia 2-3 tahun, harus mengonsumsi makanan dengan kalori sebanyak 1000 Kkal per hari, tetapi untuk anak 4-8 tahun mengonsumsi makanan dengan kalori sebanyak 1200- 1400 Kkal per harinya.

Kamu bisa tambahkan asupan makanan kalori sebanyak 500Kkal per hari untuk anak agar dapat memenuhi nutrisi kalori makanan per harinya jika merasa masih kekurangan berat badan. Banyak sekali jenis makanan berkalori tinggi yang dapat dikonsumsi oleh anak seperti yang kita kenal yaitu ayam, salom, telur, dan juga pisang.

  1. Perbanyak Karbohidrat

Karbohidrat juga merupakan sumber protein yang harus diberikan kepada anak agar asupan gizi tetap terjaga dan tetap selalu sehat serta mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak pada masa pertumbuhan.

Tetapi untuk anak yang masih kekurangan berat badan, tentu saja tidak dapat mengkonsumsi berat badan karbohidrat dengan porsi yang sangat besar karena menambah porsi karbohidrat seperti nasi saja belum tentu bisa membuat berat badan anak jadi lebih berkembang.

Disarankan untuk memberikan camilan dengan kandungan gizi yang tinggi seperti granola, madu, kismis dan makanan lain nya yang mengandung gizi yang tinggi, agar dapat membantu anak untuk menambah berat badan untuk tetap lebih sehat dan juga segar.

  1. Mengatur Jadwal Makan Anak

Jadwal Makan anak merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan orang tua agar nutrisi dan kandungan gizi anak tetap terjaga, karena jika jam makan lewat saja bisa menjadi sesuatu yang sangat fatal bahkan ini juga salah satu faktor mengapa berat badan anak masih kurang.

Dengan mengatur jadwal makan pada anak ternyata dapat membantu mendukung kalori dan nutrisi anak dapat terpenuhi dengan baik ataupun juga terjaga selama per hari.

Itulah, beberapa cara agar berat badan anak dapat berkembang dan bertambah dengan baik, sehingga masa pertumbuhan anak bisa menjadi lebih sehat dan lebih segar dalam melakukan aktivitasnya, terutama dalam konsumsi makanan sehat.