Berikut Manfaat Olahraga Bagi Anak-anak Yang Harus Orang Tua Tahu

Berikut Manfaat Olahraga Bagi Anak-anak Yang Harus Orang Tua Tahu

Olahraga merupakan aktivitas yang sangat penting bagi tubuh. Olahraga bukan hanya untuk menjaga kesehatan serta menurunkan berat badan.

Selebihnya banyak sekali manfaat olahraga bagi anak-anak yang tentunya perlu orang tua ketahui sedini mungkin agar bisa menerapkan gaya hidup sehat tersebut.

Agar makin termotivasi untuk berolahraga rutin setiap hari, ketahui beberapa manfaat berolahraga bagi anak-anak berikut :

1. Meningkatkan kesehatan

Peneliti yang ada di Centers for Disease Control menyebutkan jika masalah utama yang dialami anak di Amerika adalah obesitas.

Kelebihan berat badan tersebut mampu meningkatkan risiko penyakit diabetes serta hipertensi 3 kali lebih tinggi ketika mereka dewasa.

Cara terbaik untuk mencegahnya adalah dengan berolahraga secara teratur. Aktivitas fisik tersebut membuat tubuh melakukan pembakaran kalori sehingga mencegah obesitas.

2. Meningkatkan kecerdasan

Menurut penelitian yang diadakan di Michigan State University’s Institute, anak yang rutin berolahraga terbukti berpeluang lebih cerdas dibanding mereka yang tidak berolahraga rutin.

Dari penelitian tersebut diungkapkan jika olahraga dapat membantu mengajarkan anak supaya bisa berkonsentrasi di setiap tugas yang mereka lakukan.

Berolahraga juga mendorong anak tersebut untuk lebih mampu mengatur waktu dengan baik dan lebih efektif.

3. Punya jiwa sportifitas yang lebih tinggi

Kalah dan menang di dalam permainan adalah hal yang sangat biasa. Di dalam olahraga, setiap orang akan diajarkan agar menghargai kalah atau menang dengan baik alias sportif.

Misalnya, anak bisa saling berjabat tangan dengan para lawannya. Tidak peduli bagaimana hasil pertandingan yang dilakoni anak-anak.

Saat dewasa, sikap sportif inilah yang nantinya akan terus terbawa dan membuat anak menjadi menghargai teman dan terus berusaha untuk melakukan yang terbaik dan juga sportif.

4. Wadah sosialisasi

Olahraga juga bisa dijadikan sebagai tempat atau jaringan sosial instan untuk anak-anak. Untuk anak-anak yang tertutup atau mudah minder, olahraga merupakan cara terbaik untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri.

Olahraga juga membuat pergaulan anak mejadi lebih luas sehingga tidak hanya berdiam diri di rumah saja.

Setiap olahraga biasanya juga menawarkan persahabatan serta kekompakan antar anggota di olahraga tersebut. Hal inilah uang membuat anak mau dan terus menjalin persahabatan dengan kawannya.

5. Membangun rasa percaya diri

Olahraga dapat membantu anak untuk meningkatkan rasa percaya diri yang tinggi. Terlebih jika dari olahraga yang mereka geluti, anak sudah menorehkan  prestasi.

Olahraga selalu memberi kesempatan anak untuk terus belajar dan belajar. Mereka jiga diajarkan untuk lebih  berprestasi dari non akademik.

Anak juga digiring untuk terus berpikir positif dan ingin mengembangkan keterampilan pada diri mereka sendiri. Hal tersebut yang menumbuhkan kepercayaan diri pada anak.

Manfaat olahraga bagi anak sangat banyak. Mulai sekarang, orang tua harus mulai mengenalkan pola hidup sehat ini sedini mungkin.