9 Nutrisi Wajib Susu Pertumbuhan Anak, Jangan Ada yang Terlewat

9 Nutrisi Wajib Susu Pertumbuhan Anak, Jangan Ada yang Terlewat

Susu pertumbuhan anak merupakan susu yang diformulasikan khusus untuk menunjang tumbuh kembang. Banyak nutrisi penting yang terkandung di dalamnya. Berikut adalah beberapa nutrisi penting yang harus ada di susu pertumbuhan.

1. Kalsium

Kalsium dalam kandungan susu harus cukup tinggi. Kalsium memiliki peran untuk mempertahankan kekuatan tulang agar senantiasa terjaga. Konsumsi susu anak dapat menjadi suplai kalsium untuk efektif selain ditunjang dari makanan bergizi lainnya. Nutrisi kalsium yang bagus juga dapat menjadi aset masa depan agar terhindar dari risiko terkena osteoporosis.

Manfaat kalsium juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan gigi. Email (lapisan keras terluar gigi) membutuhkan kalsium agar tidak keropos dan akhirnya berlubang. Hal ini juga harus didukung dengan gosok gigi agar asam dari sisa makanan dan minuman tidak menyumbang pengikisan email.

2. Vitamin D

Vitamin D memiliki manfaat untuk membantu optimalisasi penyerapan kalsium. Tentunya kalsium yang terserap secara tepat akan memberikan hasil positif terhadap kondisi tulang dan gigi yang baik. Susu UHT memiliki vitamin D yang dapat mendukung fungsi kalsium.

3. Asam Lemak

Beberapa susu dilengkapi dengan asam lemak esensial, yaitu omega-3 dan omega-6. Kedua asam ini baik untuk mendukung dan meningkatkan perkembangan otak. Khusus untuk anak, pemenuhan nutrisi ini sangat krusial agar membantu kinerja otak lebih baik.

4. Probiotik

Probiotik bermanfaat untuk pencernaan. Beberapa susu mengandung prebiotik yang merupakan makanan bagi probiotik (kuman baik) yang ada di usus besar. Pencernaan yang sehat berguna untuk mendukung kegiatan aktif anak dalam setiap langkahnya.

5. Zat Besi

Tubuh membutuhkan mineral berupa zat besi untuk membentuk hemoglobin, yaitu protein yang terdapat di sel darah merah. Hemoglobin berguna dalam proses pengikatan oksigen yang akan diedarkan ke seluruh tubuh. Apabila hemoglobin berada di tingkat rendah, maka darah tidak bisa membawa cukup oksigen. Akibatnya, tubuh bisa merasa lemas hingga pingsan.

6. Zinc

Selain hemoglobin, darah juga mengandung sel darah putih yang disebut limfosit sel T. Sel tersebut memiliki peran dalam meningkatkan imunitas tubuh dari penyakit. Zinc memiliki fungsi untuk mengaktifkan sel tersebut.

7. Vitamin C

Beberapa manfaat vitamin C (asam askorbat) yaitu merawat kesehatan tulang dan gigi agar selalu sehat. Selain itu, adanya vitamin ini dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah sehingga risiko stroke bisa dikurangi. Imunitas yang kuat dapat juga diupayakan dengan konsumsi jenis asam tersebut.

8. Vitamin E

Vitamin E dibutuhkan sebagai antioksidan. Zat ini berperan aktif untuk menangkal radikal bebas yang berpotensi menimbulkan kanker. Vitamin E juga menjadi treatment dalam mencegah penuaan dini untuk kulit yang awet muda dan senantiasa sehat.

9. Vitamin A

Nutrisi dalam susu pertumbuhan anak yang tak kalah penting yaitu vitamin A. Vitamin ini sangat bagus untuk memelihara kesehatan mata. Selain itu, konsumsi vitamin A dalam susu penting sebagai zat pemeliharaan sistem reproduksi, penunjang kekebalan tubuh, dan pembelahan sel.