7 Ciri-ciri Umum Infeksi Saluran Kencing yang Harus Diketahui Pemilik Anjing

7 Ciri-ciri Umum Infeksi Saluran Kencing yang Harus Diketahui Pemilik AnjingInfeksi saluran kencing (ISK) adalah masalah kesehatan umum yang dapat memengaruhi anjing dari segala usia dan jenis. Pemilik anjing perlu waspada terhadap tanda-tanda ISK agar dapat mengambil tindakan yang tepat secara cepat. Berikut adalah 7 ciri ciri infeksi saluran kencing pada anjing yang harus Anda ketahui:

  1. Perubahan dalam Pola Buang Air Kecil

Salah satu tanda utama infeksi saluran kencing pada anjing adalah perubahan dalam pola buang air kecil. Anjing mungkin sering merasa ingin buang air kecil dan mengeluarkan jumlah urine yang lebih sedikit setiap kali buang air. Mereka juga bisa terlihat kesulitan saat buang air kecil atau menunjukkan tanda-tanda rasa sakit seperti mengeong atau menggeliat.

  1. Urine yang Berbau Aneh atau Berwarna Gelap

Urine anjing yang terinfeksi saluran kencing mungkin memiliki bau yang lebih kuat atau tidak biasa. Selain itu, urine mereka juga dapat berwarna lebih gelap dari biasanya atau terlihat keruh. Pemilik anjing perlu memperhatikan perubahan ini dalam urine untuk mendeteksi kemungkinan infeksi saluran kencing.

  1. Kelembaban atau Kemerahan di Sekitar Genital

Infeksi saluran kencing dapat menyebabkan iritasi pada daerah sekitar genital anjing. Pemilik anjing dapat melihat adanya kelembaban, kemerahan, atau bahkan luka kecil di sekitar saluran kelamin atau anus. Hal ini seringkali merupakan tanda bahwa anjing mengalami ketidaknyamanan yang disebabkan oleh infeksi.

  1. Perubahan dalam Tingkah Laku

Anjing yang mengalami infeksi saluran kencing mungkin menunjukkan perubahan dalam tingkah laku mereka. Mereka bisa terlihat lebih lesu, kurang bersemangat untuk bermain, atau bahkan menunjukkan agresi atau ketidaknyamanan saat disentuh. Pemilik anjing perlu memperhatikan perubahan-perubahan ini sebagai indikasi kemungkinan masalah kesehatan.

  1. Sering Menjilat atau Menggaruk Daerah Genital

Anjing yang mengalami infeksi saluran kencing mungkin sering menjilat atau menggaruk daerah genital mereka sebagai respons terhadap ketidaknyamanan yang mereka rasakan. Tindakan ini dapat menjadi upaya mereka untuk meredakan rasa gatal atau iritasi yang disebabkan oleh infeksi.

  1. Demam atau Kenaikan Suhu Tubuh

Infeksi saluran kencing yang parah dapat menyebabkan anjing mengalami demam atau kenaikan suhu tubuh. Pemilik anjing perlu memeriksa suhu tubuh anjing mereka secara teratur menggunakan termometer rektal. Jika suhu tubuh anjing melebihi 39°C, segera hubungi dokter hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

  1. Darah dalam Urine

Infeksi saluran kencing yang parah dapat menyebabkan adanya darah dalam urine anjing. Pemilik anjing perlu memperhatikan perubahan warna urine anjing mereka dan mencari tanda-tanda darah yang mungkin terlihat. Darah dalam urine adalah tanda bahwa infeksi saluran kencing mungkin sudah mencapai tingkat yang serius dan memerlukan perawatan segera.

  1. Gangguan dalam Pengendalian Kandung Kemih

Anjing yang mengalami infeksi saluran kencing juga dapat mengalami gangguan dalam pengendalian kandung kemih. Mereka mungkin kehilangan kontrol atas buang air kecil, seperti mengalami kebocoran urine atau buang air kecil di tempat-tempat yang tidak biasa. Pemilik anjing perlu memperhatikan perubahan ini dalam perilaku buang air kecil anjing mereka.

  1. Pembengkakan di Sekitar Saluran Kencing

Infeksi saluran kencing yang parah dapat menyebabkan pembengkakan di sekitar saluran kencing anjing. Pemilik anjing perlu memeriksa dengan hati-hati untuk melihat apakah ada tanda-tanda pembengkakan atau perubahan dalam tekstur atau warna kulit di sekitar daerah genital anjing.

  1. Menunjukkan Tanda-tanda Kesulitan atau Nyeri saat Buang Air Kecil

Anjing yang menderita infeksi saluran kencing seringkali akan menunjukkan tanda-tanda kesulitan atau nyeri saat buang air kecil. Mereka mungkin terlihat mengeong, menggeliat, atau menunjukkan ekspresi wajah yang menunjukkan ketidaknyamanan saat melakukan aktivitas tersebut. Pemilik anjing perlu memperhatikan tanda-tanda ini dan mengambil tindakan yang sesuai jika anjing mereka menunjukkan gejala-gejala ini.

Infeksi saluran kencing adalah masalah kesehatan yang umum pada anjing yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan komplikasi serius jika tidak diobati dengan cepat. Pemilik anjing perlu memperhatikan ciri-ciri umum infeksi saluran kencing yang telah disebutkan di atas dan segera menghubungi dokter hewan jika mereka mencurigai anjing mereka mengalami masalah ini. Dengan penanganan yang cepat dan tepat, anjing Anda dapat pulih sepenuhnya dan kembali menikmati hidup dengan nyaman.