5 Langkah Mudah Awali Hari dengan Pola Hidup Sehat

5 Langkah Mudah Awali Hari dengan Pola Hidup Sehat

Menjalankan pola hidup sehat sehari-hari sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit dan prima di masa mendatang. Sebenarnya tidak sulit untuk memulainya karena Anda bisa memulainya dengan merubah kebiasaan kecil sehari-hari. Mulai dari bangun tidur, cobalah untuk merubah beberapa kebiasaan kecil Anda.

Hal-Hal Kecil yang Bisa Membentuk Pola Hidup Sehat

Tanpa disadari, ada banyak sekali aktivitas harian yang mendorong Anda menuju gaya hidup tidak sehat. Jika Anda sadar dan mulai merubah kebiasaan tersebut sedikit demi sedikit, tentu hal ini akan menjadi sebuah kebiasaan rutin yang baik. Lalu apa saja hal-hal kecil yang bisa diubah untuk membentuk pola hidup yang lebih sehat. Ini dia ulasannya

1.     Biasakan Bangun Pagi dan Hirup Udara Segar

Pagi hari saat matahari belum terbit merupakan waktu yang tepat untuk menghirup udara segar. Oleh karena itu setelah bangun tidur segera buka jendela atau keluar ruangan. Hirup udara segar yang belum tercemar polusi udara 5-10 menit. Saat menghirup udara segar, fikiran tentu akan lebih segar dan tubuh menjadi lebih bersemangat.

2.     Biasakan Sarapan Pagi dengan Menu Sehat

Ketika terburu-buru, orang-orang biasanya akan melewatkan sarapan pagi. Padahal sarapan pagi sangat penting untuk menambah energi ketika beraktivitas. Jika selama ini Anda tidak terbiasa sarapan, cobalah untuk memulainya dengan porsi sedikit.

Anda bisa menghidangkan menu simpel seperti sepiring kecil nasi goreng, telur goreng, atau segelas teh dan roti. Lakukan manajemen waktu yang tepat sehingga Anda masih dapat sarapan sebelum berangkat kerja.

3.     Lari Pagi 10-15 Menit

Jika ada waktu sebelum berangkat sekolah atau kerja, sempatkan untuk berlari pagi di sekitar tempat tinggal Anda selama 10-15 menit. Namun jika tidak ada waktu, Anda bisa melakukan aktivitas ini secara rutin saat akhir pekan. Lari pagi sangat baik untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Ketika rutin melakukan lari pagi, maka secara perlahan badan Anda akan menjadi lebih segar. Untuk langkah awal, coba lakukan jogging di kawasan terdekat terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa mencoba pergi ke tempat yang lebih jauh untuk merubah suasana.

4.     Kelola Stress Anda dengan Baik

Saat banyak masalah, stress tentu tidak bisa dihindari. Walaupun begitu, bukan berarti Anda menyalurkannya dengan penuh emosi dan kemarahan. Agar stress dapat tersalurkan dengan baik, coba untuk mulai mengelola stress Anda dengan hal-hal yang lebih positif. Mungkin Anda bisa menyalurkannya melalui bernyanyi, olahraga, atau bermain musik.

Stress yang tidak disalurkan tentu akan berdampak buruk bagi tubuh. Namun dengan pengelolaan yang tepat, Anda tetap bisa mengeluarkan pikiran dan emosi negatif Anda ke arah yang lebih baik.

5.     Selalu Bersihkan Area Sekitar Anda

Membiasakan hidup bersih tentu dapat menghindari diri dari kontak fisik dengan berbagai jenis kuman dan penyakit. Mulai saat ini coba perhatikan area sekitar Anda mulai dari tempat tidur, kamar mandi, bahkan meja kantor. Pastikan bahwa area yang berada di sekitar Anda selalu bersih dan bebas dari sampah serta kotoran lainnya.

Kebiasaan pola hidup sehat yang dimulai sejak kecil tentu memberikan efek yang lebih baik saat dewasa. Oleh karena itu Nestle dengan program Nestle Healthy Kids berupaya membantu anak-anak Indonesia akan pentingnya hidup sehat. Kini program Nestle Healthy Kids telah menjangkau 80.000 siswa di seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *