5 Kiat Penting Dalam Memilih Bubur Bayi Instan

5 Kiat Penting Dalam Memilih Bubur Bayi Instan

MPASI merupakan tahapan pertama yang akan dilalui si kecil setelah ia mendapatkan asupan ASI eksklusif pada enam bulan pertama. Tentu pemberian ASI harus tetap dilanjutkan sampai anak berusia dua tahun, tapi Anda harus memberikan MPASI dari bahan pangan yang berkualitas. Pilih jenis makanan yang aman dikonsumsi bayi seperti beras merah, sayuran, buah-buahan tertentu, kacang-kacangan yang diblender halus, dan lain-lain. Bubur bayi instan bisa masuk pilihan asal Anda memilih produk bubur yang berkualitas dan legal.

Cermat Membeli Bubur Bayi Instan

Anda bisa membeli produk bubur bayi instan secara online selama masa pandemi berlangsung dengan alasan kepraktisan dan kenyamanan. Pastikan Anda memperhatikan beberapa poin penting dalam membeli produk bubur terpercaya yang aman dikonsumsi si kecil yaitu :

1. Memperhatikan kemasan produk

Teliti sebelum membeli merupakan langkah pertama yang harus Anda lakukan saat membeli produk bubur. Kemasan harus tersegel sempurna dengan tanggal kadaluarsa yang lebih lama. Produk yang kemasan sudah rusak bisa menjadi tanda kandungan bubur di dalamnya sudah berubah dan mungkin membahayakan kesehatan si kecil.

2. Membaca aturan penyajian

Bubur bayi yang ada di pasaran memang lebih praktis dan simpel untuk orang tua yang sibuk bekerja selama ini. Namun, bukan berarti Anda bisa mengabaikan aturan penyajian yang bisa merusak kandungan pada bubur. Perhatikan prosedur atau langkah-langkah pembuatan sesuai petunjuk kemasan agar Anda bisa menyajikan tekstur bubur yang tepat.

3. Pilih bubur MPASI dengan variasi beragam

Dewasa ini, bubur bayi di pasaran memiliki kualitas bahan yang terjamin dan sesuai dengan perkembangan usia mereka. Anda bisa memilih bubur MPASI yang bervariasi untuk mengenalkan aneka rasa makanan pada anak, misalnya beras merah, kacang hijau, pisang, bahkan jenis bubur yang punya campuran rasa dua bahan makanan tertentu atau lebih.

4. Memilih bubur organik

Bila Anda punya opsi memilih bubur instan, tidak ada salahnya memilih bubur bayi organik yang lebih sehat dan aman untuk sistem cerna si kecil. Biasanya bubur organik memang lebih mahal, tetapi sebanding dengan kualitas gizi yang ditawarkan untuk buah hati tercinta Anda.

5. Pilih bubur sesuai usia anak

Mulai tekstur dan jenis makanan untuk bayi berbeda sesuai dengan rentang usia mereka. Anda harus tahu jenis bubur instan yang sesuai usia anak, misalnya bayi usia 6 bulan harus konsumsi bubur puree atau tekstur lebih lunak dibandingkan dengan bayi berusia di atas 8 bulan atau lebih.

Kini Anda bisa membeli bubur bayi instan yang aman untuk mendukung tumbuh kembang si kecil. Memberikan camilan sehat sejak anak dini bisa Anda pertimbangkan guna meningkatkan pertumbuhan mereka, misalnya buah-buahan atau biskuit bayi. Asal memperhatikan porsi dan frekuensi makan yang sesuai usia, Anda tidak perlu cemas anak akan mengalami reaksi obesitas yang membahayakan kesehatan, ya!