3 Tipe Makanan Kucing Kering, Semi Basah dan Basah

3 Tipe Makanan Kucing Kering, Semi Basah dan Basah

Seperti halnya manusia, kucing juga membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk menjaga kesehatannya. Sehingga bagi Anda yang hobi memelihara kucing, penting untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi si kucing. pemilihan makanan yang tepat sangat membantu untuk pemeliharaan kesehatannya. Asupan makanan terbaik membantu kucing berumur panjang.

Makanan kucing sangat beragam, mulai dari makanan kucing kering (dry food), semi basah (semi-moist) atau makanan kucing basah (wet food). Ketiga tipe makanan kucing ini memiliki keunggulan masing-masing. Berikut ini tipe makanan kucing yang wajib Anda ketahui!

1.      Tipe Makanan Kucing Dry Food (Makanan Kering)

Makanan kucing tipe kering ini lebih praktis dan ekonomis untuk kucing. dibuat dengan meng-ekstrusi daging dengan tekanan dan suhu tinggi. Makanan kering lebih cocok dijadikan makanan utama untuk si kucing karena sifatnya yang lebih tahan lama dibandingkan dengan makanan tipe lainnya. Makanan kering juga harganya relative lebih murah. Makanan kering juga melatih gigi kucing serta berperan dalam pencegahan plak san karang gigi.

Namun perlu diingat, pemberian pakan kering atau dry food harus sesuai takaran pada kemasan produk. Karena kelebihan atau kekurangan pakan dapat berdampak pada kesehatan kucing Anda. Pastikan juga kebutuhan air si kucing selalu tercukupi karena asupan air pada pakan kering lebih sedikit dan dapat menyebabkan dehidrasi atau risiko penyakit lain.

2.      Tipe makanan kucing semi-moist (semi basah)

Makanan kucing jenis ini setidaknya mengandung 35% air. Harga makanan semi basah relative terjangkau sehingga dapat menjadi pilihan Anda jika ingin dijadikan selingan makanan untuk si kucing agar tidak mudah bosan. Namun, makanan tipe ini akan mengalami perubahan jika tetap dibiarkan terbuka lama. Sehingga makanan menjadi tidak enak dan berbau.

3.      Tipe makanan kucing wet Food (Makanan Basah)

Jika Anda memiliki kucing yang daya gigitnya lemah, makanan tipe ini cocok diberikan karena lebih mudah dikonsumsi oleh si kucing. makanan tipe ini juga memiliki lebih banyak kandungan air yang bagus untuk ginjal dan seluruh saluran kemih. Selain itu juga, makanan basah memiliki aroma yang lebih kuat dibandingkan makanan jenis lain. Alhasil, makanan tipe basah cocok diberikan pada kucing yang sedang tidak nafsu makan.

Namun sayangnya, makananan tipe ini tidak tahan lama dan harganya yang relative lebih mahal dibandingkan dengan tipe makanan lainnya. juga, memberi makan makanan basah saja belum menjamin asupan air pada tubuh kucing terpenuhi. Anda juga memastikan asupan air mencukupi kebutuhan hariannya.

Itulah informasi mengenai 3 tipe makanan kucing yang wajib Anda ketahui. Dari ketiga tipe makanan kucing basah, kering dan semi basah dapat di berikan secara berseling sehingga kucing Anda tidak mudah jenuh dengan makanannya. Pilihlah makanan yang sesuai. Jangan salah memilih! Makanan yang tepat menentukan kesehatan kucing Anda!