2 Komposisi yang Sering Terlupakan pada Makanan Gizi Seimbang

2 Komposisi yang Sering Terlupakan pada Makanan Gizi SeimbangMengkonsumsi makanan gizi seimbang akan memastikan bahwa Anda memperoleh sejumlah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.  tidak hanya makronutrisi saja tetapi juga serat vitamin serta mineral.  Semuanya wajib dipenuhi untuk memastikan agar proses metabolisme di dalam tubuh berlangsung secara optimal untuk mendukung kesehatan.

Mengenal Makanan Gizi Seimbang

Makanan gizi seimbang maksudnya adalah dalam satu piring sajian terdapat sumber pangan yang terdiri dari karbohidrat protein dan lemak dalam jumlah yang cukup. Tersedia juga berbagai macam buah dan sayur sebagai sumber vitamin dan mineral.

Pasalnya proses metabolisme di dalam tubuh tidak hanya dipengaruhi oleh keberadaan 3 makro protein saja. Tetapi juga membutuhkan vitamin,  mineral serta serat untuk membentuk penyerapan semua nutrisi yang dibutuhkan di dalam tubuh. Oleh karenanya variasi makanan merupakan kunci untuk memastikan bahwa seluruh kebutuhannya terpenuhi.

Banyak yang melihat bahwa makanan yang memiliki gizi seimbang hanya terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak saja.  Padahal terdapat kebutuhan bahan yang lainnya yang juga tak kalah memiliki peranan penting dalam proses metabolisme. Kedua bahan tersebut tentu saja tidak dapat diabaikan kebutuhannya.

Serat

Serat memiliki peranan yang penting di dalam tubuh untuk membantu proses penyerapan nutrisi yang dilakukan oleh saluran cerna terutama usus. Pasalnya, bahan ini merupakan makanan yang sangat baik untuk menjaga ekosistem probiotik di dalam usus.

Serat merupakan bahan yang tidak dapat dicerna oleh tubuh, sehingga dapat membantu menyerap lemak yang tidak dibutuhkan dan membuangnya. Selain itu pula kehadiran serat di dalam usus akan membantu bantu mencegah terjadinya diare atau sembelit.

Kebutuhan serat dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi sayur-mayur beraneka macam jenis serta buah-buahan berwarna-warni. Pilihan lain adalah mengkonsumsi susu yang diperkaya dengan serat makanan. Sumber serat yang harus dikonsumsi oleh tubuh minimal 2 sampai 3 porsi dalam sehari.

Air

Air juga termasuk dalam salah satu komponen makanan yang memiliki gizi seimbang. Pasalnya zat ini merupakan pelarut yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses pencernaan secara kimiawi seluruh enzim yang yang ada. Selain itu pula proses pembuangan sisa-sisa bahan makanan yang tidak terpakai juga memerlukan air.

Anda wajib mengkonsumsi air sebanyak minimal 2 liter per hari untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Kekurangan air akan ditandai dengan gejala kehausan serta bibir dan kulit yang mengering. Sumber yang paling terbaik adalah air mineral atau air sumur atau keran yang dijerang sampai matang.

Jangan abaikan mengkonsumsi makanan gizi seimbang setiap harinya. Pasalnya, kekurangan salah satu dari seluruh nutrisi yang dibutuhkan akan mempengaruhi kerja tubuh secara menyeluruh dalam jangka waktu lama. Sehingga lama-kelamaan tumbuh kembang serta kesehatan Anda akan terganggu.